6 min read

11 Keuntungan Tanda Tangan Digital untuk Bisnis

Diperbarui 01 Januari 2024
tanda tangan digital dan emeterai resmi Mekari Sign
11 Keuntungan Tanda Tangan Digital untuk Bisnis

Tanda tangan digital merupakan salah satu teknologi yang mampu menjadi solusi percepatan proses administrasi bisnis di berbagai skala dan industri. Baik itu bisnis skala kecil, menengah, maupun enterprise. Tak sedikit pelaku bisnis yang merasakan manfaat setelah berpindah dari tanda tangan basah ke tanda tangan digital untuk berbagai keperluan.

Apakah Anda salah satunya? Atau justru masih ragu menggunakan tanda tangan digital? Tenang, karena Anda sudah datang ke tempat yang tepat.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai keuntungan tanda tangan digital untuk bisnis di era serba online ini. Apa saja? Simak sampai selesai, ya!

Daftar isi

1. Sah Secara Hukum Indonesia

Di Indonesia, tanda tangan digital mengacu pada Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi yang disebut di Pasal 60 PP No. 71 Tahun 2019. Jadi, tanda tangan ini memiliki keabsahan yang lebih tinggi dibandingkan tanda tangan elektronik biasa (tidak tersertifikasi).

Hal tersebut membuat dokumen dengan tanda tangan digital bisa dijadikan bukti di pengadilan. Sangat cocok untuk digunakan berbagai dokumen bisnis yang memuat informasi sensitif atau penting. Misalnya, Non-Disclosure Agreement yang membahas soal kekayaan intelektual bisnis kuliner Anda.

Pembahasan lengkap mengenai legalitas ini bisa Anda baca di  → Keabsahan Tanda Tangan Elektronik di Indonesia [Peraturan Baru]

2. Fitur Keamanan yang Canggih

Berbeda dari tanda tangan elektronik tidak tersertifikasi, tanda tangan digital memiliki fitur keamanan super canggih, yaitu:

  • Fungsi Hash— algoritma yang membentuk barisan huruf dan angka unik yang disematkan pada dokumen. Berfungsi selayaknya “sidik jari” dari dokumen Anda, sehingga bisa menjamin keasliannya.
  • Sistem Kriptografi— sistem keamanan yang menggunakan sepasang kunci, yaitu kunci publik untuk mengenkripsi data. Lalu, kunci satunya yaitu kunci privat untuk membuka enkripsi tersebut.
  • Public Key Infrastructure— keseluruhan infrastruktur, yaitu kebijakan, aturan, orang, dan sistem yang mendukung pembagian kunci publik ke pihak yang relevan.
  • Certificate Authority(CA) — pihak yang memvalidasi identitas para pihak, lalu menerbitkan sertifikat yang berisi publik key ke para pihak. Di Indonesia, yang bertugas sebagai CA adalah PSrEhttps://mekarisign.com/id/fitur/tanda-tangan-elektronik/.
  • Sertifikat Elektronik— berfungsi selayaknya Kartu Tanda Penduduk yang menjamin keaslian identitas para pihak.

Bisa Anda lihat fitur keamanan di atas sangat canggih, kan? Jadi, Anda tak perlu waswas tanda tangan maupun dokumen bisnis Anda dipalsukan atau diubah isinya. Proses administrasi bisnis Anda akan aman dari awal sampai akhir.

3. Menghemat Waktu

Di dunia bisnis, waktu adalah uang. Dengan tanda tangan digital, Anda bisa menghemat waktu terkait urusan administrasi sehingga operasional bisnis berjalan lebih efisien. Bagaimana caranya?

Melalui tanda tangan digital, Anda bisa langsung mengirimkan dokumen untuk ditandatangani dalam hitungan menit. Tak peduli apakah penandatangan berada di luar kota ataupun luar negeri (di bisnis eksportir, misalnya). Jadi, Anda tidak perlu menunggu dokumen dicetak ataupun dikirim melalui ekspedisi yang bisa memakan waktu berhari-hari.

4. Mengurangi Biaya Operasional

ilustrasi salah satu alasan tanda tangan elektronik adalah biaya lebih rendah

Sumber gambar: Unsplash

 

Tak jarang, biaya operasional menjadi salah satu sumber pengeluaran terbesar suatu bisnis. Terutama di bisnis yang sudah menengah ke atas ataupun enterprise. Untungnya, tanda tangan digital mampu menghemat biaya operasional Anda, lho.

Dengan tanda tangan digital, Anda tak perlu mencetak dokumen fisik. Sehingga, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli kertas, tinta, hingga printer. Bayangkan berapa biaya yang Anda hemat jika ada ratusan dokumen yang harus ditandatangi per bulannya?

5. Mudah Digunakan

Tak perlu khawatir, melakukan tanda tangan digital tidak sesulit yang Anda bayangkan. Prosesnya mirip dengan tanda tangan basah, hanya sekarang dalam bentuk digital. Jadi, Anda tak perlu memberikan training khusus ke pegawai yang memakan waktu dan biaya lebih. Bentuk ttd digital pun beranekaragam, bahkan Anda dapat membuat tanda tangan digital berbentuk barcode namun tetap sah dan memiliki kekuatan hukum.

Anda bisa membaca panduan mudahnya di artikel → Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital, Pasti Berhasil!

6. Mendukung Berbagai Perangkat

Ya, Anda bisa melakukan tanda tangan digital di berbagai perangkat. Baik itu melalui komputer, laptop, smartphone, atau tablet.

Alhasil, Anda bisa melakukan tanda tangan digital kapan pun dan di mana pun selama dibutuhkan. Terutama, bila ada kebutuhan dokumen bisnis mendadak yang harus ditandatangani. Cukup keluarkan smartphone Anda dan selesai dalam hitungan menit.

7. Mengetahui Proses Tanda Tangan

Beberapa aplikasi tanda tangan terbaik menyediakan fitur untuk melacak progress tanda tangan, seperti Mekari Sign. Jadi, Anda bisa tahu secara real-time siapa saja yang sudah atau belum melakukan tanda tangan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengirim pengingat otomatis bagi yang belum menandatangani. Sehingga, bisa mengurangi kemungkinan lupa tanda tangan untuk dokumen bisnis yang berhubungan dengan waktu. Misalnya, proposal kegiatan atau laporan bisnis.

8. Meminimalisir Kesalahan

Manusia tak lepas dari kesalahan, pun begitu dengan Anda ataupun pegawai Anda. Semakin banyak proses bisnis yang dijalankan manual, semakin besar pula kemungkinan terjadi human error.

Untungnya, dengan tanda tangan digital Anda bisa meminimalisir kesalahan di bagian administrasi. Misalnya, dokumen yang keliru, kesalahan tanda tangan, hingga lupa tanda tangan. Jadi, dengan kesalahan yang minim, maka proses bisnis akan berjalan lebih efisien.

9. Meningkatkan Penjualan

ilustrasi salah satu alasan tanda tangan elektronik adalah biaya lebih rendah

Sumber gambar: Pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan, semua proses tanda tangan digital dilakukan secara online. Sehingga pelanggan atau klien Anda tak perlu repot-repot melakukan proses manual, seperti mencetak dokumen, menandatanganinya, hingga men-scannya.

Dengan begitu, pelanggan atau klien akan lebih senang karena prosesnya mudah dan efisien. Efeknya, Anda mendapatkan pelanggan setia dan kemungkinan juga merekomendasikannya ke orang lain. Cuan!

10. Ramah Lingkungan

Bisa dikatakan kalau tanda tangan digital merupakan salah satu teknologi ramah lingkungan. Bagaimana tidak? Melalui tanda tangan digital, Anda tak perlu menggunakan kertas dan tinta. Alhasil, Anda berkontribusi positif untuk melestarikan lingkungan.

Hal tersebut juga bisa menjadi nilai plus bisnis Anda di mata calon konsumen dan khalayak. Sebab, Anda tak hanya fokus pada profit, tapi juga memperhatikan lingkungan sekitar.

11. Transformasi Digital

Transformasi digital adalah suatu kewajiban bagi bisnis agar tetap bisa bersaing di era serba online ini. Klien hingga konsumen sekarang sudah melek akan teknologi, dan transformasi digital memudahkan proses aktivitas bisnis mereka.

Guna mendukung kemudahan aktivitas bisnis, beberapa penyedia tanda tangan digital resmi bahkan menyediakan fitur tanda tangan dalam bentuk QR code sehingga memudahkan bisnis untuk verifikasi dokumen melalui scan. Maka dari itu, dengan menggunakan tanda tangan digital, Anda selangkah lebih maju dalam transformasi digital daripada kompetitor. Efeknya tentu saja bisnis Anda akan lebih menarik di mata calon konsumen atau klien.

Baca juga: Langkah-langkah Transformasi Bisnis di Era Digital

Siap Mencoba Tanda Tangan Digital?

Itulah penjelasan mengenai 11 keuntungan tanda tangan digital bagi bisnis Anda. Ternyata, tanda tangan digital memiliki banyak kelebihan untuk bisnis di berbagai industri. Baik itu bisnis kecil, menengah, maupun enterprise semua bisa memanfaatkan tanda tangan digital.

Jadi, apakah sekarang Anda tertarik beralih ke tanda tangan digital untuk bisnis?

Jika iya, Anda bisa mengklik banner di bawah ini untuk mencoba tanda tangan digital melalui Mekari Sign. Tenang saja, Mekari Sign merupakan penyedia tanda tangan digital resmi yang telah memiliki Sertifikat Elektronik sehingga berkekuatan hukum. Cocok untuk berbagai dokumen penting bisnis Anda.

banner tanda tangan elektronik blog mekari sign

Kategori : Product Insight
WhatsApp WhatsApp Sales