5 min read

11 Contoh Kontrak Bisnis, Terlengkap!

Diperbarui 10 November 2023
featured image Contoh Kontrak Bisnis, Terlengkap!
11 Contoh Kontrak Bisnis, Terlengkap!

Apakah Anda sedang mencari contoh kontrak bisnis? Anda sudah datang ke tempat yang tepat!

Seperti namanya, kontrak bisnis merupakan dokumen yang berfungsi untuk mengikat kedua pihak dalam urusan bisnis. Entah itu jual beli, sewa menyewa, dan lain sebagainya.

Nah, ada banyak bentuk kontrak ini yang sering digunakan, sehingga menimbulkan kebingungan. Tapi, Anda tak perlu khawatir, di artikel ini kami akan memberikan 11 contoh kontrak bisnis yang bisa Anda jadikan referensi. Yuk, mulai!

Baca juga: Perjanjian dan Kontrak: Apa Persamaan dan Perbedaannya?

Daftar isi

Jenis Kontrak Bisnis

Secara umum, ada tiga jenis kontrak ini, yaitu:

  • Kontrak Kerja — mengatur semua aspek yang berhubungan dengan pekerja dan pemberi kerja. Contohnya, PKWT dan PKWTT.
  • Kontrak Penjualan — menetapkan mengenai bagaimana barang/jasa dapat Anda jual, beli, atau dialihkan. Contohnya, pesanan pembelian, garansi, tagihan penjualan, dan sebagainya.
  • Kontrak Pemasok — perjanjian antara bisnis dan pemasok yang mengatur pertukaran produk. Contohnya, perjanjian distribusi dan kontrak harga tetap.

Baca juga: 16 Contoh Surat Bisnis Berbagai Keperluan, Terlengkap!

11 Contoh Kontrak Bisnis

Berikut beberapa contoh kontrak ini:

1.    Perjanjian Waralaba

Contoh Surat Perjanjian Waralaba Bagian 1

Sumber: Detiklife

 

Perjanjian Franchise atau Perjanjian waralaba adalah perjanjian tertulis antara Pemberi Waralaba dengan Penerima Waralaba atau Pemberi Waralaba Lanjutan dengan Penerima Waralaba Lanjutan. Anda bisa menemukan pembahasan lengkapnya di → Apa itu Perjanjian Waralaba? Dasar Hukum, Isi, dan Contohnya

2.    Letter of Intent (LOI)

Contoh Letter of credit 2

Sumber gambar: nylabintang

 

Letter of Intent adalah dokumen yang menyatakan niat awal suatu pihak untuk melakukan bisnis dengan pihak lainnya. Jadi, LOI hanya untuk menunjukkan ketertarikan untuk melakukan diskusi atau negosiasi lebih lanjut. Temukan penjelasan lengkapnya di → Letter of Intent (LOI): Definisi, Fungsi, dan Cara Membuatnya

3.    Memorandum of Understanding (MoU)

Contoh MoU 2

Sumber gambar: Madreview

 

Memorandum of Understanding adalah perjanjian awal tentang kesepakatan dua pihak atau lebih yang dituangkan dalam dokumen formal. Dengan kata lain, MoU adalah salah satu titik awal bagi pebisnis dalam proses negosiasi. Anda bisa membaca lengkapnya di  → Apa Itu MoU? Semua Hal Tentang Memorandum of Understanding

Baca juga: Apa Perbedaan MoU dan Perjanjian? [Terbaru 2023]

4.    Perjanjian Konsinyasi

contoh surat perjanjian konsinyasi

 

Perjanjian konsinyasi adalah dokumen yang menjadi bukti adanya perjanjian kerjasama antara pemilik barang titipan dan penerima barang titipan. Perjanjian ini mengatur tentang pembagian pendapatan, persediaan barang, dan sebagainya. Lengkapnya, Anda bisa membacanya di → Contoh Surat Perjanjian Konsinyasi [Download GRATIS!]

5.    Perjanjian Sewa Komersial

contoh kontrak bisnis salah satunya adalah Perjanjian Sewa Komersial

Sumber gambar: rumah123

 

Perjanjian sewa komersial adalah kontrak yang bisa ditandatangani oleh pemilik dan penyewa bisnisnya. Fungsinya, untuk memberi penyewa hak menggunakan properti untuk tujuan komersial selama jangka waktu tertentu dengan biaya yang telah Anda sepakati.

6.    Perjanjian Konsultasi

Perjanjian Konsultasi merupakan salah satu contoh kontrak bisnis

Sumber gambar: scribd

 

Perjanjian konsultasi adalah kontrak yang Anda buat saat klien ingin mendapatkan layanan khusus dari konsultan dengan biaya yang telah disepakati. Biasanya, di kontrak ini memuat layanan apa yang didapatkan, biaya, dan jumlah waktunya. Selain itu, ada juga klausul kerahasiaan selayaknya NDA agar rahasia bisnis terjaga.

7.    Perjanjian Distribusi

Perjanjian Distribusi merupakan contoh kontrak bisnis

Sumber gambar: Academia.edu

 

Perjanjian distribusi adalah kontrak bisnis antara pemasok produk dan bisnis yang hendak memasarkan produk tersebut. Berdasarkan ketentuannya, distributor biasanya setuju membeli produk dari pemasok dan menjualnya di suatu wilayah.

8.    Perjanjian Keanggotaan

salah satu contoh kontrak bisnis adalah Perjanjian Keanggotaan

Sumber gambar: yumpu

 

Contoh kontrak bisnis selanjutnya adalah perjanjian keanggotaan. Kontrak ini dibuat antara bisnis dan pelanggannya (anggota), serta memuat apa yang diharapkan dari para pihak. Tujuan utama kontrak ini adalah untuk menghindari kesalahpahaman dan konflik antara bisnis dan pelanggannya.

9.    Surat Pesanan

Contoh Surat Pesanan Alat Tulis Kantor

Sumber gambar: suratresmi

 

Surat pesanan adalah kontrak yang harus diisi pembeli saat ingin melakukan pembelian barang dari grosir, pengecer, atau produsen. Melalui dokumen ini, Anda bisa tahu ringkasan pembelian yang rapi dan tahu ekspektasi para pihak. Lengkapnya, Anda bisa membacanya di → 17 Contoh Surat Pesanan Barang Berbagai Jenis, Terlengkap!

10.    Pesanan Pembelian

Pesanan Pembelian merupakan salah satu contoh kontrak bisnis

Sumber gambar: Jurnal

 

Pesanan pembelian adalah kontrak bisnis yang diberikan pembeli ke penjual. Tujuannya, untuk dokumentasi penjualan produk/jasa yang akan dikirimkan di masa depan. Kontrak ini dikenal juga dengan nama purchase order.

11.    Perjanjian Lisensi

Perjanjian Lisensi merupakan salah satu contoh kontrak bisnis

Sumber gambar: Justika

 

Perjanjian lisensi adalah kontrak yang memuat pemberian izin dari pemilik properti ke pihak lain, untuk menggunakan merek, paten, atau merek dagangnya. Selain itu, kontrak ini juga membahas tentang jenis perjanjian lisensi yang dimuat, persyaratan penggunaan, dan sebagainya.

Baca juga: Apa itu HAKI? Cara Mendaftar dan Cara Mengeceknya

Kelola Kontrak Bisnis dengan Mekari Sign!

Logo Mekari Sign

Itulah penjelasan lengkap mengenai contoh kontrak bisnis. Melalui artikel ini, Anda sudah belajar definisi, jenis, hingga contoh dari kontrak ini. Sekarang, Anda sudah paham dan bisa membuatnya, kan?

Oh ya, Anda juga bisa membuat kontrak bisnis dalam bentuk digital alias kontrak elektronik, lho. Sehingga, jauh lebih praktis dan hemat, terutama bila para pihak sedang berjauhan karena adanya tanda tangan digital dan e meterai peruri di dalamnya. Nah, Anda bisa mencoba kontrak online ini di Mekari Sign sebagai penyedia tanda tangan digital. Yuk!

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Contoh Surat
WhatsApp WhatsApp Sales