4 min read

Perbedaan DOC dan DOCX, Terlengkap! [Edisi 2024]

Diperbarui 22 Maret 2024
Featured Image Perbedaan DOC dan DOCX
Perbedaan DOC dan DOCX, Terlengkap! [Edisi 2024]

Pertanyaan “Apa sih perbedaan DOC dan DOCX?” mungkin pernah muncul di kepala Anda saat menggunakan Microsoft Word. Entah itu saat mengetik atau membuat tanda tangan di Word. Tak heran, karena kedua format ini sangat mirip dan hanya berbeda satu huruf saja.

Untungnya, Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini, Anda akan belajar mengenai DOC dan DOCX, serta perbedaan keduanya. Penasaran, kan? Simak sampai akhir ya!

banner blog tanda tangan digital

Daftar isi

Apa Itu Format DOC?

ilustrasi apa itu doc

Sumber gambar: Pixabay

 

DOC adalah format dokumen Word versi lawas, tepatnya sampai Microsoft Word 2003. Format ini sudah digunakan sejak versi pertamanya, yaitu Word 1.0 di tahun 1983, lho. Saat itu, DOC ini merupakan format eksklusif Microsoft dan hanya bisa dibuka melalui Word pada MS-DOS.

Eksklusivitas format DOC baru berubah di tahun 1990-an dan awal 2000-an. Penyebabnya, karena muncul aplikasi lain yang mendukung format DOC. Walaupun tetap saja, sebagian formatnya masih belum didukung aplikasi pengolah kata lain.

Barulah di tahun 2008, Microsoft merilis versi terbaru DOC yang bisa digunakan di aplikasi lain. Tapi, dengan beberapa batasan fitur, sehingga fungsionalitasnya tidak sebaik di Word aslinya.

Baca juga: Perbedaan dan Persamaan Dokumen PDF dengan Word

Sedangkan Apa Itu Format DOCX?

DOCX adalah format dokumen Word yang lebih baru dan pertama kali dikenalkan pada Microsoft Word 2007. Format ini lahir karena munculnya pesaing ketat saat itu, yakni Open Office yang mengenalkan format ODF yang lebih canggih.

DOCX merupakan format yang jauh lebih superior. Utamanya, karena ukurannya lebih kecil, gambar di dokumen bisa terkompres dengan baik, hingga jarang terjadi corrupt atau dokumen rusak.

Perbedaan Format DOC dan DOCX

Secara umum, berikut perbedaan kedua format MS Word ini:

  • DOC merupakan format dokumen Word lama, hingga Microsoft Word 2003. Sedangkan, DOCX merupakan format dokumen Word baru mulai dari Microsoft Word 2007 ke atas.
  • DOCX tidak bisa Anda buka di Microsoft Word 2003 (dan versi sebelumnya) tanpa memasang paket kompatibilitas khusus. Namun, Anda tetap bisa membuka DOC di Word 2007 ke atas.
  • DOCX merupakan format yang lebih baru, sehingga Anda bisa menggunakan semua fitur baru Word 2007 ke atas. Sedangkan format DOC masih belum bisa.
  • Format DOC mempunyai sifat biner, sedangkan DOCX berdasarkan XML.
  • Ukuran DOCX lebih kecil hingga 75%-80% dibanding DOC.
  • Dokumen DOCX bisa dengan mudah Anda konversi ke format DOC, HTML, RTF, dan format sejenis lainnya. Sedangkan konversi DOC ke format lain agak sulit dan harus menggunakan aplikasi tambahan.
  • DOC merupakan format hak milik Microsoft, sedangkan DOCX adalah format terbuka sehingga banyak aplikasi lain yang bisa menggunakannya tanpa kesulitan.

Sedangkan berikut perbedaan DOC dan DOCX yang paling utama dan lebih singkat:

tabel perbedaan do dan docx

DOC vs DOCX: Mana yang Lebih Baik?

Tentu saja DOCX. Format ini lebih baru sehingga mendukung semua fitur terbaru Word yang lebih komplit dan canggih. Selain itu, format ini juga ukurannya lebih kecil, lebih enak saat diedit, dan kemungkinan corrupt-nya sangat kecil.

Satu-satunya alasan menggunakan DOC adalah apabila Anda hendak membuka atau mengedit dokumen lawas di atas 10 tahun. Atau, bila Anda ingin menggunakan aplikasi pengolah kata jadul.

BONUS: Cara Mengubah DOC ke DOCX dengan Mudah

Bila Anda memiliki file DOC, tapi ingin mengubahnya ke versi terbaru DOCX Anda bisa mengikuti cara ini

  1. Buka file DOC dokumen Anda
  2. Klik menu File, lalu pilih Save As
  3. Pada kolom Save as type, Anda pilih Word Document
  4. Terakhir, klik Save. Selesai!

Baca juga: 9 Cara Merubah Word ke PDF, Termudah dan Terlengkap!

Mekari Sign Mendukung DOC dan DOCX!

Itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan DOC dan DOCX. Singkatnya, DOC adalah format jadoel Microsoft Word, sedangkan DOCX adalah format yang lebih baru. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan format DOCX untuk dokumen baru dan bila Anda ingin menggunakan semua fitur terbaru Word.

Namun, tak peduli format Word yang Anda gunakan, Mekari eSign sudah mendukungnya, lho! Baik itu untuk tanda tangan online, meterai digital, stempel online, hingga kontrak elektronik. Jadi, Anda tak perlu pusing atau kebingungan mengubah formatnya. Menarik, kan?

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Blog
WhatsApp WhatsApp Sales