3 min read

Apa Saja Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan? [Lengkap]

Diperbarui 09 Januari 2024
featured image Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan, Terlengkap!
Apa Saja Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan? [Lengkap]

Apakah Anda masih bingung mengenai perbedaan paraf dan tanda tangan? Anda sudah datang ke tempat yang tepat!

Sekilas, paraf dan tanda tangan memang hampir mirip. Namun ternyata, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok, lho? Apa saja? Temukan jawaban lengkapnya dengan menyimak artikel ini hingga selesai!

banner tanda tangan elektronik blog mekari sign

Daftar isi

Apa Perbedaan Paraf dan Tanda Tangan?

ilustrasi perbedaan paraf dan tanda tangan

Sumber gambar: Unsplash

 

Perbedaan tanda tangan dan paraf bisa dilihat dari empat sisi, yaitu:

1.    Definisi

Tanda tangan adalah suatu bentuk identifikasi yang Anda buat dan gunakan sebagai tanda pengesahan dokumen. Sedangkan paraf adalah versi pendek dari tanda tangan yang Anda tulis dengan lebih sederhana.

2.    Bentuk

Biasanya, tanda tangan Anda buat dengan lebih banyak dan memiliki bentuk cenderung lebih rumit. Bentuk tanda tangan ini membuatnya sulit untuk ditiru oleh orang lain yang berniat jelek. Sementara paraf, biasanya lebih pendek dan sederhana bentuknya, alias tidak terlalu rumit.

3.    Fungsi

Tanda tangan memiliki fungsi yang lebih penting dan vital dibandingkan paraf. Tanda tangan berfungsi sebagai bentuk pengesahan yang legal untuk berbagai keperluan, baik itu resmi maupun tidak.

Sedangkan paraf, fungsinya hanya sebagai tanda identitas yang bersifat tak resmi. Biasanya, paraf hanya Anda gunakan sebagai penanda bahwa Anda sudah pernah melihat atau membaca suatu dokumen.

4.    Jenisnya

Ada beberapa jenis tanda tangan di dunia ini, mulai dari tanda tangan basah, tanda tangan elektronik, ttd digital, tanda tangan ketik, tanda tangan stempel, dan sebagainya. Berbagai jenis tanda tangan ini mempunyai tujuan masing-masing tergantung kebutuhan Anda. Sedangkan paraf, hanya memiliki satu jenis yang Anda tulis tangan asli.

Baca juga: Pemalsuan Tanda Tangan: Bagaimana Hukumnya di Indonesia?

Mengenal Tanda Tangan Elektronik

Selain paraf dan tanda tangan basah, ada juga jenis tanda tangan lain yang mulai populer akhir-akhir ini, yaitu digital signature atau tanda tangan elektronik (TTE). Sebenarnya, apa itu tanda tangan elektronik?

Baca juga: Digital Signature: Cara Kerja, Kelebihan, dan Contohnya

Menurut UU ITE, ttd elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.

Baca juga: Keabsahan Tanda Tangan Elektronik di Indonesia [Peraturan 2022]

Jadi, bisa dikatakan bahwa TTE adalah semua tanda tangan yang berbentuk elektronik. Baik itu Anda lakukan sendiri atau menggunakan aplikasi tanda tangan online populer, seperti Mekari Sign.

Nah, tanda tangan elektronik ini bisa Anda gunakan untuk keperluan pengesahan berbagai dokumen elektronik maupun dokumen digital. Beberapa manfaat TTE adalah:

  • Hemat biaya karena Anda tak perlu membeli tinta, kertas, tempat penyimpanan dokumen fisik, dan sebagainya
  • Lebih aman karena Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi sudah memiliki Sertifikasi Elektronik yang mampu menjamin keaslian dokumen, sehingga aman dari pemalsuan dokumen
  • Lebih praktis dan efisien karena semua proses terjadi secara digital, sehingga lebih cepat dan bisa Anda lakukan dari mana saja
  • Merupakan teknologi ramah lingkungan, sehingga Anda membantu melestarikan lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas dan tinta

Anda Pilih Paraf atau Tanda Tangan?

Logo Mekari Sign

Itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan paraf dan tanda tangan. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah paham mengenai perbedaan keduanya, kan? Alhasil, Anda tak perlu kebingungan lagi.

Intinya, tanda tangan itu lebih rumit dan digunakan untuk keperluan resmi, sedangkan paraf berbentuk lebih pendek dan dipakai untuk kebutuhan non formal. Sangat mudah, bukan? Nah, bila Anda sedang mencari inspirasi membuat tanda tangan, Anda bisa cek artikel Cara Membuat Tanda Tangan Sesuai Nama dan Contohnya [A sampai Z]

Bila artikel ini membantu Anda, jangan lupa untuk mengisi kolom subscribe di halaman ini ya. Dengan begitu, Anda tak akan ketinggalan berbagai artikel terbaru dari Mekari eSign. Atau, bila Anda tertarik untuk mencoba tanda tangan digital resmi Mekari Sign, Anda bisa klik Jadwalkan Demo di samping atau klik link di bawah ini.

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Insight
WhatsApp WhatsApp Sales