6 min read

Apa Itu Tech Savvy? Manfaat, Profesi, dan Tipsnya

Diperbarui 30 Juni 2023
Featured Image Apa Itu Tech Savvy semua hal yang perlu Anda ketahui
Apa Itu Tech Savvy? Manfaat, Profesi, dan Tipsnya

Sepertinya tak berlebihan untuk mengatakan kalau menjadi tech savvy adalah suatu kewajiban di zaman digital ini. Alasannya sederhana: agar Anda bisa mengikuti perkembangan zaman dan mampu memanfaatkan teknologi yang ada dengan maksimal.

Lalu, apa itu tech savvy sebenarnya? Apa saja skill yang Anda butuhkan? Tenang, artikel ini akan membahasnya dengan lengkap untuk Anda. Penasaran, kan? Simak sampai akhir ya!

banner blog tanda tangan digital

Daftar isi

Apa Itu Tech Savvy?

ilustrasi apa itu tech savvy

Sumber gambar: Unsplash

Singkatnya, tech savvy adalah kemampuan untuk memanfaatkan teknologi untuk mencapai suatu tujuan. Dengan kata lain, bisa dikatakan tech savvy adalah melek teknologi. Nah, tujuan tech savvy ini bermacam-macam, yakni:

  • Mencari informasi di jagat maya
  • Belajar skill atau hal baru
  • Melakukan networking atau menambah teman melalui internet
  • Menyelesaikan tugas atau pekerjaan
  • Dan masih banyak lainnya

Baca juga: Pengertian Literasi Digital, Manfaat, dan Contohnya

Manfaat Anda Menjadi Seorang yang Tech Savvy

Kenapa Anda harus menjadi tech savvy? Karena Anda bisa merasakan beberapa manfaatnya, yaitu:

  • Lebih Mudah Menemukan Informasi: Orang yang melek teknologi informasi akan tahu kata kunci apa yang tepat di Google. Sehingga, Anda akan langsung mendapatkan jawabannya dalam hitungan detik.
  • Wawasan Luas: Karena Anda lebih mudah menemukan informasi, wawasan Anda juga akan semakin luas. Bahkan, pada bidang-bidang yang sebelumnya tak Anda kuasai.
  • Memperbanyak Perspektif: Selain menambah wawasan, perspektif Anda akan suatu hal juga bertambah. Sebab, Anda bisa menemukan berbagai pendapat dan informasi terkait satu topik.
  • Bekerja Dari Mana Saja: Di zaman sekarang, terdapat banyak pekerjaan bagi tech savvy yang bisa Anda kerjakan dari mana saja. Bahkan, Anda juga bisa menjadi digital nomad.
  • Produktivitas Meningkat: Orang yang melek teknologi akan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaannya, sehingga produktivitas bisa meningkat.
  • Menghemat Waktu dan Tenaga: Tak hanya produktivitas, tapi Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga dengan memanfaatkan teknologi.

Apa saja Skill Penting agar Menjadi Tech Savvy?

Biasanya, tech savvy akan mempunyai beberapa skill di bawah ini:

1.    Pengoperasian Microsoft Office

Di zaman sekarang, kemampuan mengoperasikan Microsoft Office merupakan salah satu kewajiban. Oleh karena itu, bagi Anda yang melek teknologi juga harus menguasainya. Tak hanya Microsoft Word untuk mengetik, tapi juga Microsoft Excel untuk membuat spreadsheets.

2.    Menggunakan Google dengan Maksimal

Google merupakan mesin pencari terbaik saat ini dan bisa menjawab hampir semua pertanyaan Anda. Asal, kata kunci yang Anda ketikkan memang tepat. Seorang tech savvy tentu harus paham hal ini, sehingga bisa mendapatkan berbagai informasi yang Anda butuhkan dengan cepat.

3.    Presentasi Digital

Sebagai orang yang melek teknologi, Anda juga sebaiknya memahami Power Point atau aplikasi sejenis untuk melakukan presentasi digital. Mulai dari penggunaan animasi, teks, gambar, slideshow, dan sebagainya. Kenapa? Agar materi yang Anda presentasikan bisa tersampaikan dengan baik.

4.    Mengetik dengan Efisien

Mengetik dengan efisien maksudnya adalah Anda mengetik dengan 10 jari tanpa terlalu sering melihat keyboard. Hal ini akan tentu memberikan banyak manfaat Anda. Mulai dari pekerjaan yang selesai lebih cepat dan meningkatkan produktivitas.

Baca juga: Apa Itu Paperless? Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya

5.    Hafal Shortcut Keyboard

Shortcut atau jalan pintas di keyboard bisa mempermudah pekerjaan Anda. Sebab, Anda tak perlu melakukan banyak klik dan hanya perlu memencet kombinasi tombol tertentu saja. Alhasli, pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai.

6.    Memanfaatkan Media Sosial

Orang yang melek teknologi biasanya mampu memanfaatkan media sosial untuk hal yang produktif. Misalnya, berjualan, membangun networking, dan sejenisnya. Mereka juga bisa menggunakan alat penunjang, seperti analytics. Serta paham beberapa strategi mengoptimalkan media sosial.

7.    Penggunaan Aplikasi Pendukung Lainnya

Tak hanya Microsoft Office, tapi ada banyak aplikasi lain yang sebaiknya Anda kuasai sebagai tech savvy. Aplikasi ini mampu mempermudah tugas dan pekerjaan Anda lebih jauh lagi. Contohnya, menggunakan Mekari Sign sebagai aplikasi tanda tangan yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembuatan tanda tangan elektronik dengan cepat dan praktis

Baca juga: Keabsahan Tanda Tangan Elektronik di Indonesia [Peraturan Baru]

Profesi yang Cocok untuk Tech Savvy

Berikut beberapa profesi atau pekerjaan bila Anda melek teknologi:

  • Graphic Designer: Anda bisa menjadi desainer digital, seperti illustrator, animator, motion graphic, dan masih banyak lainnya.
  • Music Creator: Anda bisa melakukan cover music di YouTube atau Spotify. Bisa juga membuat musik original menggunakan aplikasi tertentu.
  • Video Editor: Seperti namanya, pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk mengedit suatu video agar menarik bagi penonton.
  • Content Writer: Bila Anda ahli teknologi dan suka menulis, Anda bisa menjadi content writer untuk blog atau website perusahaan.
  • Social Media Specialist: Tugas Anda mengurus media sosial perusahaan, seperti kontennya, strategi pemasarannya, dan sebagainya.
  • Programmer: Tugas Anda membuat aplikasi atau software tertentu.
  • Web Developer: Di sini, Anda akan mengurusi atau membuat website dengan berbagai tujuan.

Baca juga: 15 Tips WFH Produktif yang Ampuh! [Anti Stres!]

Tips untuk Mengasah Tech Savvy Anda

ilustrasi tips tech savvy

Sumber gambar: Pixabay

 

Sebagai penutup artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mengasah skill tech savvy Anda:

–       Pahami Fitur-Fitur Google

Sebagai mesin pencari terbaik dan terpopuler di dunia, Google menyediakan berbagai fitur untuk membantu penggunaannya, lho! Dengan mempelajari berbagai fitur ini, Anda akan lebih mudah dan efisien dalam menggunakan Google setiap harinya.

–       Baca Artikel dari Website Terpercaya

Website terpercaya biasanya menyediakan artikel berkualitas dan sudah melakukan berbagai riset sebelum menerbitkannya. Maka dari itu, sebaiknya Anda hanya membaca artikel atau panduan dari website terpercaya saja. Lebih baik lagi, bila Anda membaca dari website terpercaya di luar negeri.

–       Tonton Tutorial di YouTube

YouTube menyediakan banyak video tutorial tentang berbagai topik atau profesi. Mulai dari tutorial graphic design, video editor, dan masih banyak lainnya. Jadi, bila Anda termasuk orang yang lebih cepat belajar dari visual, usahakan rutin menonton tutorial di YouTube.

–       Ikut Webinar atau Kelas Online

Selain membaca artikel atau menonton tutorial, sebaiknya Anda juga ikut webinar atau kelas online. Sebab, biasanya Anda akan berinteraksi langsung dengan ahlinya sehingga bisa bertanya banyak hal kepada beliau atau meminta pendapatnya.

–       Perbanyak Praktik Langsung

Terakhir, selalu praktikan apa yang barusan Anda pelajari. Teori saja tidak cukup karena Anda bisa cepat lupa. Dengan praktik langsung yang rutin, skill Anda akan tertanam lebih dalam dan lebih cepat terasah.

Bisnis Juga Harus Tech Savvy, Lho!

Logo Mekari Sign

Itulah penjelasan lengkap mengenai tech savvy. Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah sadar kan betapa pentingnya melek teknologi di zaman sekarang? Dengan melek teknologi, Anda bisa merasakan berbagai manfaat dan bisa memaksimalkan berbagai teknologi canggih di kehidupan sehari-hari Anda.

Nah, tahukah Anda kalau tak hanya Anda saja yang harus tech savvy, tapi bisnis juga? Bisnis yang melek teknologi berarti mampu mengikuti perkembangan pasar dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan bisnis. Lalu, bagaimana caranya?

Salah satu langkah penting agar bisnis melek teknologi adalah melakukan transformasi digital. Apa itu transformasi digital? Anda bisa membaca pembahasan lengkapnya di artikel → Ketahui Perbedaan Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital!

Kategori : Blog
WhatsApp WhatsApp Sales