6 min read

15 Tips WFH Produktif yang Ampuh! [Anti Stres!]

Diperbarui 30 Oktober 2023
Featured Image Tips WFH Produktif yang Terbukti Ampuh
15 Tips WFH Produktif yang Ampuh! [Anti Stres!]

Apakah Anda merasa WFH tidak produktif sehingga Anda mencari tips WFH? Untungnya, Anda sudah datang ke artikel yang tepat!

WFH atau Work From Home memang susah-susah gampang. Di satu sisi, Anda bisa bekerja dengan lebih fleksibel. Tapi di sisi lain, fleksibilitas ini justru membuat Anda tidak produktif. Belum lagi terdapat berbagai gangguan seperti orang rumah, tetangga yang berisik, distraksi sosial media, dan sebagainya.

Maka dari itu, di artikel ini Anda akan belajar 15 tips WFH produktif. Dijamin, setelah menerapkan semua tips ini, Anda akan merasa lebih segar dan produktivitas meningkat. Terdengar menarik, kan? Maka dari itu, simak sampai selesai ya!

banner tanda tangan elektronik blog mekari sign

Daftar isi

15 Tips Work From Home Agar Tetap Produktif

Berikut beberapa tips WFH yang bisa Anda ikuti agar tetap produktif selama bekerja di rumah:

1.    Usahakan Jam Kerja Rutin

ilustrasi tips wfh produktif pertama, usahakan jam kerja rutin

Sumber gambar: Unsplash

WFH memang menawarkan fleksibilitas, tapi Anda tetap harus menentukan jam kerja setiap harinya. Hal ini untuk memastikan agar Anda tahu kapan waktu untuk mulai bekerja dan kapan harus berhenti bekerja. Alhasil, work life balance Anda akan lebih baik dan produktivitas pun meningkat.

Bila bingung menentukan jam kerja, Anda bisa mengikuti jam kerja kantor. Contohnya, jam 08.00 sampai 17.00 setiap harinya. Namun, pastikan jam kerja Anda tidak mengganggu alur kerja tim ya! Misalnya, mayoritas tim Anda mulai kerja di pagi hari, tapi Anda mulai siang. Hal ini tentu akan merusak alur kerja karena Anda sulit dihubungi di pagi harinya.

2.    Ciptakan Rutinitas di Sebelum Bekerja

Bangun tidur langsung kerja memang awalnya terdengar menyenangkan, tapi kadang Anda masih belum sepenuhnya sadar atau siap untuk bekerja. Alhasil, produktivitas Anda akan terganggu. Oleh karena itu, usahakan Anda menciptakan rutinitas sebelum bekerja sebagai bentuk “pemanasan.”

Rutinitas tersebut bisa bermacam-macam bentuknya. Mulai dari hal sederhana seperti membuat kopi, mandi, atau ganti baju, hingga kegiatan fisik seperti jogging, beres-beres rumah, dan sejenisnya.

3.    Komunikasikan dengan Orang Rumah

Salah satu kendala WFH adalah orang rumah yang sering “mengganggu” Anda saat bekerja. Entah itu anak yang mengajak bermain, orang tua yang menyuruh beres-beres rumah, atau nenek yang minta tolong dicarikan remote TV. Hal tersebut tentu merusak produktivitas Anda, bukan?

Maka dari itu, sebaiknya Anda jelaskan dengan baik-baik ke orang rumah bahwa Anda sedang fokus bekerja dan tidak bisa diganggu. Pastikan Anda menjelaskannya dengan sabar dan penuh empati, agar mereka bisa lebih mudah memahaminya.

4.    Buat Target Harian

ilustrasi tips wfh produktif keempat, buat target harian

Sumber gambar: Unsplash

 

Apakah Anda sering merasa belum produktif padahal sudah mengerjakan banyak hal di hari itu? Bila iya, Anda bisa mengatasinya dengan membuat target harian. Target harian ini secara jelas menyebutkan apa saja yang harus Anda lakukan saat itu. Alhasil, bila semuanya selesai, berarti Anda memang produktif di hari itu.

Anda bisa membuat target harian ini dengan mudah, kok. Baik menggunakan aplikasi to-do-list seperti Google Keep, Google Tasks dan sejenisnya, hingga melakukannya secara manual menggunakan buku atau selembar kertas.

5.    Ambil Jeda Istirahat

Salah satu kelebihan utama WFH adalah Anda bisa bebas beristirahat, selama memang tidak berefek ke pekerjaan Anda ya! Oleh karena itu, ambilah jeda istirahat sejenak bila memang memungkinkan. Tak perlu berlama-lama, hanya beberapa menit saja sudah cukup untuk men-charge kembali otak Anda agar siap untuk bekerja.

6.    Lakukan Coffee Nap

Bila Anda masih lelah setelah mengambil jeda istirahat, Anda bisa melakukan coffee nap. Coffee nap adalah meminum segelas kopi sebelum tidur siang atau tidur singkat sekitar 20 menit. Nanti, Anda akan merasa lebih segar dan fokus setelah bangun. Terdengar menarik, kan?

7.    Putar Musik Favorit

Tips WFH selanjutnya adalah memutar musik favorit Anda selama bekerja. Hal ini bisa meningkatkan semangat, sehingga bisa meningkatkan produktivitas. Namun, pastikan bahwa musik tersebut tidak mengganggu fokus kerja ya! Terutama pada pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

8. Coba Keluar Rumah

ilustrasi tips wfh produktif kedelapan, coba keluar rumah

Sumber gambar: Unsplash

 

Keluar rumah bisa meningkatkan produktivitas Anda, lho! Kenapa demikian? Sebab, Anda menggerakan tubuh yang akan melancarkan peredaran darah. Lalu, udara sejuk dan cahaya matahari alami juga bisa meningkatkan mood Anda. Maka dari itu, usahakan untuk keluar rumah setidaknya sekali setiap harinya.

Baca juga: Apa Itu Digital Nomad? Bekerja Tanpa Terikat Waktu dan Tempat!

9.    Bersosialisasi dengan Rekan Kerja

Bekerja jarak jauh bukan berarti Anda tak bisa bersosialisasi dengan rekan kerja, lho! Anda bisa mengadakan meeting bersama atau kumpul virtual selepas kerja untuk sekadar mengobrol. Dengan begitu, Anda tak akan merasa terisolasi dan bisa lebih enjoy saat bekerja.

Bila Anda bukan tipe yang suka mengobrol atau menyalakan kamera, Anda bisa membuat grup chat khusus. Ingat, grup ini berbeda dari grup yang membahas kerjaan ya! Di grup khusus ini, Anda membahas hal selain pekerjaan, seperti hobi, film, dan semacamnya.

10.    Kurangi Membuka Media Sosial

Hayo, apakah Anda suka membuka media sosial saat jam kerja? Hal ini memang tidak buruk, asal Anda tau batasan. Sebab, media sosial bisa menghabiskan waktu Anda dengan cepat dan menghilangkan fokus. Akibatnya, waktu Anda terbuang sia-sia dan produktivitas menurun.

11.    Pastikan Ruang Kerja Nyaman

Nyaman di sini maksudnya nyaman untuk bekerja, bukan untuk beristirahat ya! Oleh karena itu, pastikan meja dan kursi memang mendukung untuk Anda bekerja selama berjam-jam. Lalu, letakkan benda-benda penting di sekitar Anda agar tak kehilangan fokus saat dibutuhkan. Misalnya, charger HP atau laptop, botol minum, pensil/pulpen, dan sejenisnya

12.    Perhatikan Asupan Nutrisi

ilustrasi tips wfh produktif keduabelas, perhatikan asupan nutrisi

Sumber gambar: Unsplash

 

Nutrisi yang baik bisa membantu Anda untuk tetap fokus dan membantu daya ingat, sehingga produktivitas terjaga. Oleh karena itu, usahakan Anda makan tiga kali sehari dan memperhatikan 4 sehat 5 sempurna. Kemudian, minum setidaknya delapan gelas air agar metabolisme terjaga.

13.    Usahakan Olahraga yang Rutin

Selain memperhatikan asupan makanan, usahakan Anda juga rutin berolahraga. Sebab, olahraga bisa membantu mengurangi stres dan menambah energi untuk bekerja. Entah itu olahraga dalam rumah seperti senam, lompat tali, atau yoga, hingga olahraga outdoor seperti lari atau bersepeda.

14.    Jangan Ragu untuk Izin Sakit

Terkadang, Anda tetap bisa sakit walau sudah berusaha menjaga pola makan dan rutin olahraga. Bila sakit, Anda tak perlu memaksakan bekerja dengan dalih “bisa kerja sambil rebahan” karena hal itu justru memberikan efek buruk, lho!

Pertama, produktivitas Anda akan menurun karena sambil menahan sakit dan kurang fokus. Kedua, Anda bisa sembuh lebih lama, sehingga mengacaukan pola kerja satu tim. Maka dari itu, jangan ragu untuk izin sakit bila memang merasa tidak enak badan.

15.    Akhiri Hari dengan Suatu Rutinitas

Tips WFH terakhir adalah akhiri hari Anda dengan suatu rutinitas. Bila memulai hari dengan rutinitas merupakan tanda “pemanasan” untuk mulai bekerja, maka kali ini adalah tanda “pendinginan” selesai bekerja. Tak perlu hal yang ribet, kok. Hal sesederhana seperti mematikan laptop, membuat teh hangat, atau jogging sore bisa Anda lakukan.

Produktivitas WFH Semakin Meningkat dengan Mekari Sign!

Logo Mekari Sign

Itulah penjelasan lengkap mengenai tips WFH produktif. Anda tidak harus menerapkan semua tipsnya, kok. Melainkan, coba saja terapkan yang memang cocok untuk Anda. Namun jika memungkinkan, menerapkan semuanya memang hasilnya lebih maksimal.

Oh ya, bila Anda butuh tools untuk mengelola dokumen secara jarak jauh saat WFH, Anda bisa menggunakan Mekari Sign, lho! Dengan Mekari Sign, Anda bisa membubuhkan e signature maupun e meterai resmi pada dokumen Anda, sehingga tak ribet bila ada klien beda pulau atau negara sekalipun.

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Tips & Hacks
WhatsApp WhatsApp Sales