6 min read

Ini 9 Arti Tanda Tangan menurut Ilmu Grafologi [Terbaru!]

Diperbarui 30 Oktober 2023
Mengenal Apa Itu Grafologi
Ini 9 Arti Tanda Tangan menurut Ilmu Grafologi [Terbaru!]

Grafologi tanda tangan adalah salah satu metode terpopuler untuk menilai kepribadian seseorang. Kepopulerannya mungkin tak sebesar zodiak atau golongan darah, tapi grafologi ini sudah dipraktekan di seluruh dunia sejak zaman dahulu kala, lho.

Lalu, apa itu grafologi sebenarnya? Apa saja fungsinya? Nah, artikel ini akan membahas grafologi dengan lengkap untuk Anda. Maka dari itu, simak artikel ini sampai selesai ya!

banner blog tanda tangan digital

Daftar isi

Apa Itu Grafologi?

ilustrasi apa itu grafologi

Sumber gambar: Unsplash

 

Singkatnya, grafologi adalah ilmu membaca tulisan tangan. Istilah grafologi diambil dari bahasa Yunani, yaitu graph yang artinya tulisan dan logos berarti ilmu.

Pada grafologi, tulisan tangan dipercaya bisa untuk menilai kepribadian seseorang. Biasanya dilihat dari goresannya, ukuran tulisan, margin, dan lain sebagainya. Cukup unik, bukan?

Baca juga: Pemalsuan Tanda Tangan: Bagaimana Hukumnya di Indonesia?

Awal mula metode ini bisa ditarik hingga ke abad keempat sebelum masehi di China. Filsuf Kuo Jo-Hsu saat itu mengatakan bahwa tulisan tangan bisa menunjukkan apakah penulisnya berasal dari kalangan bangsawan atau dari orang tak berpendidikan. Tapi, istilah graphology sendiri baru lahir pada abad ke-19 oleh Abate Jean Hippolyte Michon.

Nah, sejak saat itu metode ini mulai berkembang di seluruh dunia dan digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari proses rekrutmen perusahaan, di pengadilan, dan masih banyak lainnya.

Kegunaan atau Fungsi Ilmu Grafologi

Fungsi atau kegunaan grafologi di kehidupan sehari-hari ada cukup banyak. Apa saja?

–       Rekrutmen Perusahaan

Terkadang, suatu perusahaan mengharuskan surat lamaran dikirimkan dalam tulisan tangan. Dengan ilmu ini, Anda bisa mendapatkan gambaran kepribadian calon karyawan sejak awal.

–       Pelatihan Karyawan

Ilmu ini juga bisa membantu Anda untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan karyawan, sehingga bisa diberikan pelatihan yang tepat. Alhasil, karyawan tersebut bisa meningkatkan kemampuannya dengan lebih efektif dan efisien.

–       Bimbingan Karir

Dengan mengetahui kepribadian seseorang, maka akan terlihat pula kelebihan dan kekurangannya di suatu bidang. Dengan begitu, orang tersebut bisa memilih karir yang lebih cocok dengannya.

–       Pemeriksaan Keamanan:

Ternyata, tulisan tangan bisa menunjukkan kejujuran dan integritas Anda, lho. Alhasil, metode ini bisa membantu mengetahui bila ada yang berniat buruk atau berbuat kejahatan.

–       Konseling Masalah Sensitif

Metode ini bisa mengetahui kepribadian Anda, sehingga akan diketahui juga apa metode komunikasi atau penyelesaian masalah yang cocok. Dengan begitu, bisa untuk membantu menyelesaikan masalah yang sensitif, seperti keluarga.

–       Bukti Hukum

Percaya atau tidak, masih ada negara di zaman modern ini yang mengandalkan tulisan tangan sebagai bukti hukum. Terutama, untuk pemeriksaan dokumen terkait atau analisis forensik.

Baca juga: Cara Membuat Tanda Tangan Sesuai Nama dan Contohnya [A sampai Z]

Membaca Tanda Tangan menurut Perspektif Grafologi

ilustrasi grafologi tanda tangan

Sumber gambar: Pixabay

 

Di atas, kami sudah membahas mengenai ilmu tulisan tangan. Lalu, bagaimana dengan grafologi tanda tangan? Baik itu tanda tangan basah maupun tanda tangan secara elektronik? Tak perlu khawatir, berikut penjelasannya:

1.    Tanda Tangan dengan Sudut Turun

Jika Anda mempunyai tanda tangan dengan sudut turun, itu artinya Anda mempunyai kecenderungan sebagai orang yang skeptis. Anda cukup mudah untuk putus asa dan tak terlalu berharap banyak untuk masa depan.

2.    Tanda Tangan dengan Sudut Naik

Sebaliknya, bila tanda tangan Anda bersudut naik, itu berarti Anda merupakan orang yang penuh dengan harapan, tekad, dan kreatifitas. Selain itu, Anda juga adalah orang sangat antusias dengan apa yang dikerjakan.

3.    Tanda Tangan Inisial

Cukup banyak orang yang memakai inisial nama sebagai tanda tangannya. Nah, arti tanda tangan inisial biasanya Anda merupakan individu yang sangat menjaga privasi, tak suka bertele-tele, dan cenderung mengerjakan sesuatu dengan cepat.

Selain itu, Anda juga termasuk orang yang mempunyai sifat percaya diri tinggi, sangat ekspresif, serta memiliki harga diri tinggi. Bila Anda memakai huruf depan yang ditonjolkan, maka sifat-sifat ini akan lebih terlihat.

4.    Tanda Tangan Banyak Hiasan

Apakah tanda tangan Anda memiliki hiasan seperti bintang, hati, atau hiasan lainnya? Itu artinya, Anda berusaha menunjukkan bahwa Anda menginginkan perhatian dari orang lain. Dengan kata lain, Anda merupakan orang yang kurang percaya diri.

Tak berhenti sampai di sana, tanda tangan banyak hiasan juga bisa berarti bahwa Anda mempunyai kepribadian yang agresif dan cukup pandai berbohong. Dekorasi ini bisa juga diibaratkan sebagai tameng untuk menutup dan melindungi diri Anda.

5.    Tanda Tangan dengan Ukuran Besar

Ukuran tanda tangan juga mempunyai arti tersendiri, lho. Semakin besar tanda tangan Anda, berarti Anda merupakan orang yang optimis dan memiliki harapan. Selain itu, Anda juga bangga dan yakin pada diri sendiri.

6.    Tanda Tangan dengan Ukuran Kecil

Sebaliknya, bila ukuran tanda tangan Anda semakin kecil, maka Anda cenderung orang yang tertutup dan pendiam. Selain itu, Anda juga mempunyai cukup banyak rahasia yang tak bisa Anda ceritakan begitu saja ke orang lain.

7.    Tanda Tangan dengan Posisi Miring ke Atas

Grafologi tanda tangan posisi miring ke atas artinya Anda mempunyai rasa percaya tinggi dan selalu menganggap bahwa masa depan itu cerah. Tak hanya itu, tapi Anda juga cenderung mempunyai semangat kerja yang cukup tinggi, ambisius, dan pantang menyerah.

8.    Tanda Tangan dengan Garis Bawah

Bila Anda memiliki tanda tangan bergaris bawah, artinya Anda cenderung mempunyai sifat yang penuh dengan keyakinan, keberanian, dan pantang menyerah. Selain itu, Anda juga memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, tapi bila garisnya terlalu pendek, maka Anda orang yang suka mengatur atau bossy.

9.    Arti Tanda Tangan dengan Akhir Garis Tegak

Tanda tangan ini memiliki arti bahwa Anda merupakan orang yang pintar beradaptasi dan mempunyai emosi yang stabil. Sehingga, Anda mudah bergaul dengan orang lain. Walaupun begitu, tak jarang juga tanda tangan ini artinya Anda merupakan pribadi yang kaku.

Baca juga: Keabsahan Tanda Tangan Elektronik di Indonesia

Apakah Grafologi Tanda Tangan Akurat?

Sayangnya, metode ini tidak selalu akurat. Ada sebuah studi mengenai ilmu grafologi, dimana ahlinya (graphologist) mencoba menganalisa beberapa tulisan tangan yang sama. Hasilnya, jawaban mereka berbeda-beda dan tidak sesuai dengan target.

Itulah kenapa ilmu grafologi tidak termasuk ke dalam ilmu sains, sebab tidak bisa selalu dibuktikan menggunakkan metode ilmiah. Metode ini lebih masuk ke pseudoscience alias ilmu semu. Jadi, sebaiknya grafologi Anda bawa dengan santai saja. Tak perlu terlalu serius ya!

Jadi, Bagaimana Grafologi Tanda Tanganmu?

Logo Mekari Sign

Wah, ternyata grafologi cukup menarik, bukan? Hanya berdasar tulisan atau tanda tangan, Anda sudah bisa mengetahui kepribadian seseorang. Tak heran kalau metode ini cukup terkenal di seluruh dunia dan digunakan untuk berbagai keperluan. Bila penasaran dengan grafologi tanda tangan Anda, Anda bisa langsung bisa coret-coret tanda tangan di halaman buat tanda tangan online dan cocokkan hasilnya dengan penjelasan di artikel ini.

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Insight
WhatsApp WhatsApp Sales