5 min read

Apa Itu Malware? Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui!

Diperbarui 17 Desember 2023
Featured image Apa Itu Malware
Apa Itu Malware? Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui!

Malware adalah salah satu serangan siber yang harus Anda waspadai. Kenapa demikian? Alasan utamanya karena mereka bisa menyusup diam-diam dan merusak perangkat Anda dari belakang layar. Tanpa Anda sadari, tiba-tiba perangkat lambat dan sering error. Waduh!

Lalu, apa itu malware? Apa saja jenisnya dan bagaimana cara mengatasinya? Tenang, semua pertanyaan Anda akan terjawab di artikel ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mulai!

banner blog tanda tangan digital

Daftar isi

Apa Itu Malware?

ilustrasi apa itu malware

Sumber gambar: Pixabay

 

Malware adalah software yang bisa menyusup dan merusak jaringan, sistem komputer, atau server secara diam-diam. Malware merupakan singkatan dari malicious software yang berarti perangkat lunak yang memiliki niat jahat. Biasanya, software ini akan mencuri data Anda, membuat file corrupt, hingga merusak komputer secara keseluruhan.

Baca juga: Spoofing: Dampak dan Cara Ampuh Mencegahnya

Cara Kerja Malware

Cara kerja malware cukup sederhana sebenarnya. Berikut penjelasan singkatnya:

  • Pertama, mereka akan menyusup ke perangkat Anda melalui berbagai cara. Mulai dari website yang Anda kunjungi, link yang Anda klik, file yang di download, hingga aplikasi yang terinstal
  • Setelah berhasil menyusup, biasanya malware akan langsung aktif. Tapi, ada juga beberapa jenis malware yang baru bekerja setelah Anda melakukan hal tertentu, seperti membuka browser atau menjalankan suatu aplikasi
  • Bila sudah aktif, malware akan menjalankan tugasnya sesuai tujuan pembuat. Misalnya, mining crypto, menghapus file-file tertentu, dan semacamnya. Semua langkah ini terjadi di belakang layar tanpa sepengetahuan Anda.

Baca juga: Apa Itu Phising? Cara Kerja, Contoh, dan Cara Menghindarinya

Apa Saja Jenis Malware?

Secara umum, ada tiga jenis malware, yaitu:

1.    Virus

Singkatnya, virus adalah software berbahaya yang biasanya “menempel” pada file dan dokumen. Virus ini bisa merusak atau menghapus data di perangkat Anda tanpa sisa. Biasanya, virus baru aktif saat Anda menggunakan file tersebut.

2.    Trojan

Trojan adalah malware yang seringnya menyamar sebagai aplikasi biasa. Alhasil, banyak sekali pengguna yang tertipu. Padahal, trojan ini sangat berbahaya karena bisa membuka akses perangkat Anda, sehingga pelaku bebas melakukan apapun.

Baca juga: Apa Itu Social Engineering? Kejahatan Online yang Wajib Anda Ketahui!

3.    Worm

Worm adalah jenis malware yang mampu menggandakan dirinya sendiri secara otomatis, lalu menyebar ke perangkat lainnya. Yup, otomatis artinya tanpa campur tangan Anda sama sekali. Jadi, seketika worm Anda unduh, maka proses penggandaan langsung aktif.

4.    Spyware

Spyware adalah malware yang khusus pelaku gunakan untuk mematai-matai Anda. Dengan kata lain, spyware tahu semua aktivitas Anda. Biasanya, mereka akan mengumpulkan data penting, lalu mengirimkannya ke pelaku.

5.    Adware

Adware adalah jenis yang menampilkan iklan saat Anda melakukan sesuatu. Entah itu menyalakan komputer, membuka aplikasi, atau mengunjungi website tertentu. Bentuk adware ini bisa bermacam-macam, seperti pop-up, notifikasi, hingga iklan video.

6.    Ransomware

Ransomware adalah cyber crime yang bertujuan untuk mengunci perangkat Anda dan hanya bisa dibuka setelah Anda membayar uang tebusan. Biasanya, ransomware ini mempunyai batas waktu tertentu. Jadi, bila Anda tak segera membayar, maka data akan pelaku musnahkan.

Baca juga: Apa Itu Scam? Modus dan Cara Menghindarinya

7.    Fileless Malware

Berbeda dari jenis lain yang menyusup ke hard drive, jenis ini justru beroperasi di memori perangkat Anda. Mereka akan membonceng script atau perintah yang perangkat jalankan, sehingga sangat sulit terdeteksi.

8.    Botnet

Jenis terakhir ini menyerang perangkat komputer Anda yang kemudian pelaku gunakan untuk berbagai tindakan cyber crime ilegal. Seperti penipuan, pembajakan, pengancaman, dan sebagainya. Dengan kata lain, perangkat Anda akan dipaksa melakukan kejahatan tanpa seizin Anda.

Baca juga: Apa Itu Kebocoran Data? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri Terkena Malware

Walaupun sulit terdeteksi, tapi ada beberapa tanda-tanda malware yang bisa Anda perhatikan, yaitu:

  • Perangkat Menjadi Lambat: Malware biasanya memakan banyak daya, sehingga perangkat Anda akan melambat.
  • Tiba-Tiba Sering Error: Bila perangkat Anda tiba-tiba sering error, hang, freeze, dan crash padahal sebelumnya normal, maka kemungkinan sudah terkena.
  • Muncul Aplikasi Asing: Jika tiba-tiba ada aplikasi asing yang terpasang di komputer, maka kemungkinan Anda sudah terinfeksi.
  • Muncul Banyak Iklan: terutama di tempat-tempat atau website yang sebelumnya tidak ada iklan.
  • Pengalihan Website: misalnya, Anda membuka website A, tapi justru diarahkan ke website C.

Cara Mengatasi Malware yang Ampuh

Anda tak perlu panik bila menemukan ciri-ciri di atas dan langsung coba saja cara-cara di bawah ini:

  • Pertama, backup data-data penting Anda. Baik itu ke perangkat external seperti flashdisk atau ke cloud.
  • Lalu, matikan koneksi internet untuk mencegah pengiriman data Anda.
  • Masuk ke Safe Mode komputer Anda. Caranya, restart komputer, lalu tekan F8, pilih Safe Mode.
  • Setelah masuk Safe Mode, sebaiknya Anda membersihkan Temporary Files. Caranya, ketikkan Disk Cleanup di kotak pencarian, lalu pilih drive mana yang ingin Anda bersihkan.
  • Kemudian, lakukan scan menyeluruh menggunakan antivirus yang Anda pasang. Pastikan, antivirus tersebut memang terpercaya. Bila tidak ada, Anda bisa menggunakan Windows Defender yang otomatis terpasang di Windows 10.
  • Setelah itu, lakukan reset browser yang biasanya ada di pengaturan browser tersebut. Jadi, browser Anda akan fresh dan semua datanya akan terhapus.
  • Selesai! Seharusnya, malware sudah hilang dari perangkat Anda.

Yuk, Hindari Malware dengan Mekari Sign!

Logo Mekari Sign

Itulah penjelasan mengenai malicious software. Malware adalah cyber crime yang mampu menyusup dan merusak perangkat Anda dengan diam-diam. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berhati-hati saat menjelajah dunia maya.

Contohnya, bila Anda sering atau berniat menggunakan layanan pengelolaan dokumen secara online, pastikan layanan tersebut aman, seperti Mekari Sign. Kenapa? Karena bisa saja Anda pelaku mencuri data pribadi atau data penting lain pada dokumen tersebut. Dengan penyedia digital signature Indonesia Mekari Sign, Anda bisa membuat tanda tangan digital aman dan cepat!

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Keamanan Digital
WhatsApp WhatsApp Sales