5 min read

8 Contoh Surat Paklaring dan Cara Membuatnya yang Benar

Diperbarui 08 Februari 2024
Featured Image Apa Itu Paklaring
8 Contoh Surat Paklaring dan Cara Membuatnya yang Benar

Tahukah Anda, kalau setelah karyawan mengundurkan diri, maka ia berhak menerima surat paklaring? Surat paklaring ini merupakan surat keterangan kerja yang mempunyai banyak fungsi dan tujuan. Maka dari itu, perusahaan harus memberikan surat ini kepada karyawan yang mengundurkan diri.

Sebenarnya, apa itu surat paklaring? Nah, artikel ini akan membahasnya dengan mendalam untuk Anda. Lengkap beserta contohnya! Jadi, simak sampai akhir ya!

banner blog tanda tangan digital

Daftar isi

Apa Itu Paklaring?

ilustrasi apa itu paklaring

Sumber gambar: Pixabay

 

Pengertian paklaring adalah surat yang menerangkan bahwa Anda pernah bekerja pada suatu perusahaan dengan posisi dan jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, surat ini diberikan pada Anda saat sudah tak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Istilah ini sendiri berasal dari Bahasa Belanda “verklaring” yang memiliki arti pernyataan atau penerangan. Karena istilah ini sudah sering dipakai sejak zaman penjajahan dulu, sehingga sampai sekarang pun juga masih digunakan.

Baca juga: 7 Contoh Surat Pernyataan Kerja Berbagai Kepentingan, Terlengkap!

Apa Saja Fungsi Paklaring?

Berikut beberapa fungsi surat ini pada umumnya:

1. Melamar Pekerjaan di Perusahaan Lain

Surat ini biasanya menjadi salah satu syarat kelengkapan dokumen pada surat lamaran Anda di suatu perusahaan. Melalui surat ini, calon perusahaan bisa menilai sekilas kualitas dan kapasitas Anda. Sebab, di dalamnya tercantum dengan singkat prestasi serta kontribusi Anda di perusahaan sebelumnya.

Baca juga: 8 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Iklan [Indonesia dan Inggris]

2. Mengurus Dana Jaminan Hari Tua (JHT)

Dana JHT bisa Anda ambil dengan penuh bila sudah menginjak umur 56 tahun atau memasuki masa pensiun. Sebelum itu, Anda bisa mencairkan kira-kira 10% dari total dana JHT yang terkumpul. Nah, salah satu syarat wajib pencairan adalah melampirkan surat ini.

3. Mengajukan Kartu Kredit

Paklaring juga menjadi salah satu syarat untuk mengajukan kartu kredit, lho! Sebab, surat ini menjadi bukti pada bank bawa Anda mampu membayar tagihan kartu kredit perbulannya.

4. Mengajukan Pinjaman di Bank

Hampir mirip dengan pengajuan kartu kredit, Anda juga memerlukan surat ini saat mengajukan pinjaman di bank. Utamanya untuk pinjaman Kredit Tanpa Agunan, Kredit Kendaraan Bermotor, dan KPR. Alasannya, surat ini menjadi bahan pertimbangan apakah Anda layak diberi pinjaman.

5. Melamar Beasiswa

Fungsi yang terakhir adalah untuk melamar beasiswa. Memang tidak semua beasiswa memiliki syarat ini, tapi tak jarang juga syarat ini Anda temui. Biasanya surat ini dibutuhkan untuk beasiswa dari pemerintah, swasta, dan asing.

Baca juga: Contoh Surat Rekomendasi Atasan, Download Gratis! [Indonesia dan Inggris]

Syarat Membuat Surat Paklaring

Karyawan yang berhak mendapatkan paklaring diatur dalam Pasal 81 angka 42 UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yaitu:

1. Mengundurkan Diri dengan Baik

Syarat pertama ini adalah hal yang paling penting. Setiap perusahaan memiliki peraturan mengundurkan diri yang berbeda-beda. Ada yang harus memberikan two weeks notice, one month notice, atau bahkan two months notice. Jadi, jangan langsung menghilang begitu saja bila Anda ingin mendapatkan paklaring.

2. Durasi Kerja Minimal Setahun

Paklaring baru bisa diberikan apabila masa jabatan karyawan tersebut minimal 1 tahun. Kenapa? Bila belum setahun, karyawan tersebut dinilai belum matang atau belum sepenuhnya pengalaman menjalankan tugasnya.

3. Sudah Memenuhi Semua Kewajiban Kerja

Syarat terakhir tentu saja Anda harus sudah menyelesaikan semua kewajiban kerja yang disepakati. Misalnya, menyelesaikan suatu project, melakukan handover pekerjaan, dan sebagainya. Jangan sampai Anda meninggalkan kesan buruk karena “lari” dari tanggungjawab.

Perbedaan Paklaring vs Surat Keterangan Kerja vs Surat Rekomendasi Kerja

Sekilas, paklaring memang mirip-mirip dengan surat keterangan kerja dan surat rekomendasi kerja. Tapi, ketiganya ternyata memiliki perbedaan, yaitu:

Surat Paklaring Keterangan Kerja Rekomendasi Kerja
Surat yang menjelaskan seorang karyawan pernah bekerja di suatu perusahaan. Di dalamnya memuat posisi dan durasi bekerja. Menerangkan bahwa seorang karyawan statusnya masih bekerja di perusahaan tersebut. Surat yang dibuat oleh pimpinan atau pejabat tertentu yang isinya menerangkan performa karyawan di perusahaan tersebut.
Diterbitkan saat karyawan sudah resign dari perusahaan. Diterbitkan saat karyawan masih aktif bekerja di perusahaan. Biasanya sebagai syarat proses seleksi di suatu perusahaan.

Baca juga: 13 Contoh Surat Referensi Kerja Berbagai Jenis, Terlengkap!

Struktur Paklaring yang Baik

Cara membuat paklaring tak sulit, kok. Anda hanya harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Kop Surat: tentu harus memasukkan kop surat dari perusahaan sebagai salah satu tanda keasliannya.
  • Nomor Surat: agar paklaring ini bisa dicari dengan mudah saat di arsip atau disimpan.
  • Pengesahan: terdapat keterangan siapa yang mengesahkan surat ini, seperti atasan atau orang lain yang berwenang.
  • Isi Surat: mencakup informasi tentang karyawan, seperti masa kerja dan informasi lain yang relevan.
  • Tanda Tangan dan Stempel: sebaiknya terdapat tanda tangan dan stempel dari pihak-pihak yang terkait sebagai bukti kuat keaslian surat.
Pro Tips:

Jika Anda hendak membuat paklaring berbentuk file digital, pastikan dokumen tersebut ditandatangani menggunakan ttd digital resmi yang diakui di Indonesia. Pelajari selengkapnya: 10 Aplikasi Tanda Tangan Online Terbaik di Indonesia 2024

8 Contoh Surat Paklaring yang Bisa Anda Coba

Berikut kami berikan beberapa contoh paklaring yang bisa Anda coba:

1. Contoh Surat Paklaring Bahasa Indonesia Umum

featured image Paklaring - Mekari Sign

Download Gratis Contoh Surat Paklaring

2. Contoh Surat Paklaring Lengkap

Contoh Surat Paklaring Bahasa Indonesia

3. Contoh Paklaring Manager

contoh surat paklaring 2

Sumber gambar: hashmicro

 

4. Contoh Surat Paklaring Project Manager

Contoh surat Paklaring 3

Sumber gambar: contohsurat

 

5. Contoh Paklaring Merchandiser

Contoh surat Paklaring 4

Sumber gambar: disurati

 

6. Contoh Surat Paklaring IT

Contoh surat Paklaring 5

Sumber gambar: contohsuratindonesia

 

7. Contoh Paklaring Bahasa Inggris

Contoh surat Paklaring 6

Sumber gambar: ilmuhrd

 

8. Contoh Paklaring Bahasa Inggris Singkat

Contoh surat Paklaring bahasa inggris

Kelola Paklaring Anda Dengan Mekari Sign!

Logo Mekari Sign

Itulah tadi penjelasan mengenai surat paklaring beserta cara membuat dan contoh-contohnya yang bisa Anda coba. Cara-caranya ternyata cukup mudah, bukan? Asal Anda mengikuti contoh di atas, maka Anda bisa membuatnya sesuai kebutuhan.

Oh ya, apakah karyawan atau atasan Anda berada di luar kota atau beda negara? Tak perlu khawatir, Anda bisa menandatangani paklaring secara digital dengan menggunakan Mekari Sign. Sebab, Mekari Sign merupakan aplikasi penyedia tanda tangan digital terbaik yang telah tersertifikasi PSrE, lho! Sehingga, paklaring yang Anda tanda tangani secara digital memiliki kekuatan hukum yang sama dengan dokumen yang ditandatangani menggunakan ttd basah.

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Contoh Surat
WhatsApp WhatsApp Sales