3 min read

Contoh Surat Follow Up Setelah Melamar Kerja

Diperbarui 24 April 2023
Featured image Contoh Surat Follow Up, Terlengkap!
Contoh Surat Follow Up Setelah Melamar Kerja

Apakah Anda sedang mencari contoh surat follow up? Anda sudah datang ke tempat yang tepat!

Seperti namanya, surat follow up atau surat tindak lanjut adalah dokumen yang berfungsi untuk mengingatkan atau mengkonfirmasi ke suatu pihak tentang suatu hal. Nah, di artikel ini kami akan khusus membahas surat follow up tentang melamar kerja. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mulai!

banner tanda tangan elektronik blog mekari sign

Daftar isi

Apa itu Surat Follow Up?

ilustrasi apa itu surat follow up

Sumber gambar: Unsplash

 

Surat follow up adalah surat yang Anda buat dan berisi permintaan untuk menindaklanjuti permohonan yang telah disampaikan sebelumnya. Tindak lanjut ini bisa berupa pengumuman, perizinan, kesepakatan kerja sama, dan sebagainya.

Biasanya, surat ini bertujuan untuk mengingatkan kembali pihak terkait tentang permohonan yang pernah Anda minta sebelumnya. Sehingga, Anda tak perlu menunggu respon atau balasan yang menggantung atau tak jelas kabarnya.

Nah, salah satu penggunaan surat ini yang terpopuler adalah untuk mem-follow up ke HR atau perusahaan setelah Anda melamar suatu pekerjaan. Inilah yang akan kami bahas di artikel ini.

Baca juga: 21 Contoh Surat Lamaran Kerja [Indonesia dan Inggris]

Tips Mengirimkan Surat Follow Up Melamar Pekerjaan

Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum mengirim surat ini:

–       Jangan Terburu-buru

Biasanya, iklan lowongan pekerjaan juga memberikan timeline proses rekrutmen yang berlangsung. Bisa hanya dalam hitungan hari, atau sampai beberapa bulan. Maka dari itu, pastikan Anda jangan terburu-buru mengirim follow up dan perhatikan dulu timeline-nya. Sebaiknya, Anda baru mengirim bila sudah seminggu atau dua minggu dari interview.

–       Sampaikan dengan Sopan

Walaupun Anda “dighosting” atau tak diberikan kabar, Anda tak boleh marah-marah atau menggunakan bahasa yang kasar, ya. Selalu gunakan bahasa yang sopan dan formal dalam surat tindak lanjut Anda.

–       Hindari Follow Up Berulang

Bila Anda sudah mengirim surat dan masih tak ada jawaban setelah beberapa hari, mungkin sudah saatnya untuk move on. Apalagi, bila rekrutmen sudah melewati timeline yang disediakan. Hindari untuk melakukan follow up berulang karena kemungkinan tetap tak ada jawaban dan bisa memperburuk citra Anda.

Baca juga: 8 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Iklan [Indonesia dan Inggris]

Contoh Surat Follow Up Melamar Pekerjaan

Berikut beberapa contoh surat tindak lanjut yg bisa Anda kirimkan melalui email:

1.    Contoh Surat Follow Up Setelah Mengirimkan Lamaran

Contoh Surat Follow Up Setelah Mengirimkan Lamaran

2.    Contoh Surat Tindak Lanjut Setelah Interview

Contoh Surat Follow Up Setelah Interview

Kelola Berbagai Surat dan Dokumen dengan Mekari Sign!

Logo Mekari Sign

Itulah penjelasan mengenai surat tindak lanjut yang lengkap. Setelah membaca artikel ini, Anda telah belajar tentang pengertian, tips, hingga contohnya yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga Anda tak kesulitan lagi untuk membuat surat ini ke depannya, ya!

Jika Anda sedang kebingunan untuk mempermudah dokumen administarsi di kantor, Anda bisa menggunakan Mekari Sign, lho! Dengan Mekari Sign, Anda bisa melakukan ttd elektronik dan membubuhkan meterai online yang bisa langsung Anda lakukan ke berbagai dokumen Anda. Terdengar menarik, kan?

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Blog
WhatsApp WhatsApp Sales