6 min read

7 Langkah Transformasi Bisnis di Era Digital [Edisi 2024]

Diperbarui 22 Maret 2024
featured image Transformasi Digital di Bisnis
7 Langkah Transformasi Bisnis di Era Digital [Edisi 2024]

Sepertinya tak berlebihan untuk mengatakan bahwa transformasi digital di bisnis adalah suatu keharusan di zaman sekarang. Bagaimana tidak? Melihat pesatnya perkembangan teknologi, maka bisnis yang tak bisa mengikuti akan ditinggalkan konsumen dan akhirnya gulung tikar. Waduh!

Lalu, apa itu transformasi bisnis digital? Mengapa hal ini penting? Apa saja tahapannya?

Tak perlu khawatir, semua pertanyaan Anda di atas akan terjawab di artikel ini. Maka dari itu, simak sampai akhir ya!

Daftar isi

Apa itu Transformasi Bisnis Digital?

ilustrasi apa itu transformasi digital di bisnis

Sumber gambar: Pixabay

 

Seperti namanya, transformasi digital adalah proses perpindahan dari analog menjadi digital dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Di dunia digital sendiri, transformasi ini lebih menekankan pada cara teknologi mengubah bisnis di berbagai bidang. Mulai dari kecerdasan buatan (AI), Big Data, hingga internet untuk mendukung kelangsungan bisnis.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Digitisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Digital!

Mengapa Transformasi Digital di Bisnis Penting?

Setidaknya, ada tujuh alasan kenapa transformasi bisnis digital itu sangat penting. Apa saj?

1. Mengikuti Perubahan Perilaku Pelanggan

Kemajuan teknologi membawa perubahan pada banyak orang, termasuk ke perilaku pelanggan Anda. Perubahan yang paling mencolok adalah berkurangnya minat mereka untuk mendatangi toko dan berbelanja langsung. Sekarang, pelanggan lebih suka melakukan transaksi secara online melalui smartphone karena lebih praktis. Tak harus terjebak macet, cuaca yang buruk, atau menunggu antrian yang lama.

Maka dari itu, supaya bisnis Anda bisa bertahan dan berkembang, Anda harus melakukan transformasi digital untuk mengikuti perubahan tersebut. Mulai dari membuat website toko online, berjualan di marketplace, dan melakukan digital marketing.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Transformasi bisnis digital akan membuat operasional bisnis Anda berjalan lebih efektif. Alhasil, Anda bisa menghemat waktu dan biaya. Contohnya, bila Anda harus menandatangani dokumen kerja sama dari luar kota. Maka Anda tak perlu repot-repot dan bisa membubuhkan tanda tangan secara digital dengan cepat dan mudah.

Pelajari selengkapnya: Tentang Digital Signature dan Keabsahannya di Indonesia

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Transformasi bisnis di era digital akan memudahkan konsumen untuk mendapatkan segala informasi terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. Mereka bisa mengaksesnya dari manapun dan kapanpun.

Selain itu, pelayanan Anda juga bisa menjadi lebih efisien. Mulai dari proses transaksi pembelian yang lebih cepat karena otomatis, pengiriman, hingga menangani keluhan konsumen dengan lebih baik. Alhasil, mereka akan lebih puas dengan bisnis Anda.

4. Jangkauan Bisnis yang Lebih Luas

Menerapkan teknologi digital pada bisnis juga memungkinkan bisnis Anda menjangkau pasar yang lebih luas. Bila sebelumnya, Anda hanya melakukan pemasaran di kota Anda saja, seperti dengan baliho atau media cetak. Maka, dengan digital marketing Anda bisa melakukan pemasaran ke seluruh Indonesia, bahkan internasional.

5. Mengurangi Kesalahan

Transformasi digital di bisnis akan membuat semua sistem terkomputerisasi dan terintegrasi. Hal ini membuat operasional bisnis dan pelayanan konsumen akan berjalan dengan lebih efisien. Efeknya, Anda bisa mengurangi berbagai kesalahan, terutama yang terjadi karena human error.

6. Meningkatkan Daya Saing

Salah satu efek dari pesatnya perkembangan teknologi adalah semakin ketatnya persaingan antar bisnis. Bisa Anda lihat di berbagai marketplace atau iklan yang sangat kreatif dengan harga yang bersaing. Maka dari itu, supaya Anda tak kalah bersaing, Anda juga harus melakukan transformasi digital di bisnis.

7. Meminimalisir Risiko Kecurangan Internal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, operasional Anda akan terkomputerisasi dan terintegrasi. Sehingga, setiap informasi dan laporan perubahan akan tersimpan di sistem. Alhasil, keamanan bisnis akan lebih baik karena hanya bisa diakses oleh beberapa orang saja.

Manfaat Transformasi Bisnis Digital

Berikut beberapa manfaat transformasi bisnis di era digital yang bisa Anda rasakan:

– Mengubah Pengalaman Konsumen

Bila dulu konsumen harus datang ke toko untuk membeli langsung, maka sekarang mereka bisa melakukannya dari rumah. Perubahan pengalaman yang lebih praktis dan mudah ini tentu membuat konsumen Anda lebih bahagia. Alhasil, mereka akan lebih sering membeli dari Anda.

– Memanfaatkan Data

Bisa dikatakan, data adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis digital. Bagaimana tidak? Melalui data, Anda bisa melacak dan menganalisis performa bisnis. Sehingga, Anda bisa merencanakan strategi yang lebih baik kedepannya.

– Kolaborasi yang Lebih Dinamis

Teknologi mempermudah berbagai kolaborasi di bisnis Anda. Baik itu kolaborasi internal antar departemen, atau kolaborasi eksternal dengan pihak lain. Anda bisa menggunakan berbagai tools atau aplikasi untuk kolaborasi ini. Misalnya, aplikasi manajemen tugas, aplikasi edit tanda tangan, dan sebagainya.

Baca juga: Apa itu Tanda Tangan Digital? Semua Hal yang Perlu Diketahui

– Meningkatkan Inovasi

Ternyata, transformasi digital di bisnis juga bisa mendorong inovasi, lho! Salah satu alasan utamanya karena persaingan semakin ketat, sehingga bisnis harus putar otak agar bisa mendapatkan hati konsumen.

Langkah Transformasi Digital dalam Dunia Bisnis

ilustrasi langkah transformasi digital dalam dunia bisnis

Sumber gambar: Pixabay

 

Pada dasarnya, ada tujuh langkah transformasi bisnis digital, yakni:

1. Tingkatkan Kesadaran Mengenai Teknologi

Hal pertama dan paling utama adalah Anda harus bisa meningkatkan kesadaran mengenai teknologi ke semua orang di bisnis Anda. Buat pikiran mereka terbuka mengenai pentingnya teknologi untuk bisnis di zaman sekarang. Selalu up to date dengan teknologi untuk bisnis, misalnya dirilisnya e-Meterai yang memudahkan pengesahan dokumen untuk bisnis. Bila langkah pertama ini berhasil, maka langkah selanjutnya akan lebih mudah.

2. Berikan Penjelasan Tentang Pentingnya Transformasi Digital

Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran adalah dengan memberikan penjelasan dan contoh mengenai pentingnya transformasi digital. Apa dampaknya pada bisnis, manfaatnya, dan sebagainya. Bila memungkinkan, berikan contoh kasus bisnis yang sukses dengan transformasinya.

3. Jalankan Sosialisasi Mengenai Teknologi

Sosialisasi ini penting untuk Anda lakukan sebelum benar-benar melakukan transformasi digital. Dengan begitu, orang-orang tak akan kaget dan kesulitan saat transformasi terjadi. Sosialisasi ini bisa Anda lakukan secara rutin ke semua departemen agar merata.

4. Siapkan Tim yang Siap dan Paham Digitalisasi

Hal penting selanjutnya adalah Anda harus memiliki tim yang memang sudah siap dan paham mengenai digitalisasi itu sendiri. Tim Anda haruslah tech savvy. Terutama, bagi manajemen bisnis Anda. Sebab, mereka lah yang bisa memberikan contoh yang baik untuk semua orang atau karyawan Anda.

5. Berikan Pelatihan Terkait Digitalisasi

Setelah semua tim dan departemen siap, usahakan Anda juga memberikan pelatihan dan bimbingan teknis mengenai teknologi yang akan Anda gunakan. Pastikan bahwa setiap orang paham dan mengerti cara menggunakan teknologi tersebut, sehingga proses transformasi akan lancar nantinya.

6. Evaluasi Proses Transformasi Digital Anda

Evaluasi ini penting untuk Anda lakukan karena bisa memantau bagaimana proses transformasi ini berjalan. Apakah berjalan dengan baik sesuai rencana? Atau justru mengalami banyak kendala? Perlukah dilakukan revisi atau perbaikan? Hal ini akan membantu Anda dalam menjalan langkah terakhir nanti.

7. Optimalkan Hasil Evaluasi Tersebut

Terakhir, Anda bisa belajar dari hasil evaluasi tadi. Catat semua hasilnya, lalu komunikasikan dengan manajemen untuk langkah selanjutnya. Misalnya, apakah ada yang perlu diperbaiki, apakah teknologi sudah sesuai kebutuhan, apakah anggaran bisa dihemat lebih jauh lagi, dan sebagainya.

Baca juga: 50+ Istilah Umum dalam Dunia Bisnis, Terlengkap! [Edisi 2024]

Transformasi Bisnis ke Digital dengan Aplikasi Pendukung yang Tepat!

Itulah penjelasan mengenai transformasi digital di bisnis. Melalui artikel ini, Anda sudah belajar pengertian, manfaat, hingga langkah-langkah untuk melakukan transformasi. Harapannya, dengan artikel ini Anda akan paham betapa pentingnya bagi bisnis untuk melakukan transformasi digital.

Nah, salah satu langkah termudah yang bisa Anda coba adalah mendigitalisasi proses administrasi. Misalnya, memanfaatkan emeterai dan kontrak elektronik. Jadi, Anda bisa mempercepat proses administrasi hanya dalam beberapa klik saja. Sangat menarik, bukan?

Coba Mekari Sign Sekarang!

Kategori : Insight
WhatsApp WhatsApp Sales