Blog

Apa itu Bukti Transaksi? Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Tak bisa dipungkiri, bukti transaksi adalah salah satu dokumen penting dalam semua jenis transaksi. Baik itu transaksi pribadi, perusahaan, dan sebagainya.

Lalu, apa itu bukti transaksi?

Nah, artikel ini akan membahas bukti transaksi dengan lengkap untuk Anda. Mulai dari definisi, fungsi, jenis, hingga contohnya. Penasaran, kan? Maka dari itu, simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa itu Bukti Transaksi?

ilustrasi apa itu bukti transaksi

Sumber gambar: Pixabay

 

Bukti transaksi adalah dokumen yang Anda gunakan sebagai tanda bukti bahwa suatu transaksi telah terjadi. Selain itu, bukti transaksi juga bisa berupa bukti suatu pihak harus mempertanggungjawabkan kewajibannya ke pihak lainnya. Contohnya, faktur, kwitansi, invoice, dan semacamnya.

Fungsi atau Tujuan Bukti Transaksi

Pada dasarnya, berikut tujuan atau fungsi dokumen ini:

  • Memberikan informasi yang detail tentang perubahan finansial pada perusahaan atau bisnis, karena adanya suatu transaksi
  • Mengetahui pihak yang bertanggung jawab atas transaksi tersebut
  • Mengetahui informasi yang berhubungan dengan sumber-sumber finansial, modal perusahaan, dan kewajiban yang harus dibayarkan
  • Membantu Anda untuk memperkirakan potensi keuntungan bisnis kedepannya
  • Sumber informasi yang berhubungan dengan laporan bisnis
  • Menghindari terjadinya selisih, duplikasi atau kesalahan lain dalam pencatatan keuangan bisnis Anda
  • Memastikan keaslian dan keabsahan suatu transaksi
  • Bisa menjadi dokumen acuan bila nanti terjadi masalah yang tak Anda inginkan

Baca juga: 7 Contoh Surat Penagihan Berbagai Jenis, Terlengkap!

Manfaat Bukti Transaksi

Umumnya, berikut manfaat dokumen bukti ini:

  • Dasar untuk pencatatan akuntansi di bisnis Anda
  • Memastikan nominal yang Anda berikan atau terima sesuai
  • Menghindari duplikasi pada pengumpulan data keuangan
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pencatatan akuntansi
  • Mengetahui pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya transaksi tersebut
  • Bisa menjadi suatu media yang berisi data informasi keuangan

Jenis Bukti Transaksi

Ada dua jenis dokumen bukti ini, yaitu:

  • Bukti Transaksi Internal — untuk transaksi yang terjadi di dalam perusahaan atau bisnis Anda. Contohnya, gaji pegawai, bonus, reimburse, dan semacamnya.
  • Bukti Transaksi Eksternal — untuk transaksi yang melibatkan pihak dari luar perusahaan atau bisnis Anda. Contohnya, membayar vendor, membeli dari supplier, dan sebagainya.

11 Macam Bukti Transaksi dan Contohnya

Ada 12 dokumen bukti yang sering digunakan. Berikut penjelasan beserta contohnya masing-masing:

1.    Nota Kredit

contoh nota kredit yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: Kompas

 

Saat Anda mengembalikan barang karena rusak atau tidak cocok, maka tindakan tersebut akan diarsipkan oleh penjual dalam nota kreditnya. Tujuan dari bukti ini adalah sebagai tanda bahwa penjual sudah menerima pengembalian barang dan permintaan pengurangan harga dari pembeli.

2.    Nota Debit

contoh nota debit yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: hashmicro

 

Nota debit adalah dokumen yang berfungsi untuk melaporkan ketidakcocokan barang yang Anda terima ke penjual. Nota ini ditulis oleh pembeli dan isinya mengenai pemberitahuan nominal harga yang harus penjual kembalikan.

3.    Nota Kontan

contoh nota kontan yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: paper

 

Nota kontan adalah dokumen yang penjual keluarkan untuk pembeli atas penjualan barang secara tunai (kontan). Biasanya, nota ini dibuat dengan salinan dua rangkap, di mana nota asli untuk pembeli, sedangkan salinannya untuk penjual sebagai arsip.

4.    Faktur atau Invoice

Contoh Invoice 1

Sumber gambar: cermati

 

Faktur atau invoice adalah dokumen yang menjelaskan mengenai barang yang dijual, seperti jumlah dan harganya. Dokumen ini penjual keluarkan untuk pembeli, dan berfungsi agar pembeli bisa meneliti barang yang sudah ia beli.

5.    Kuitansi

Contoh Kwitansi 1

Sumber gambar: Jurnal

 

Kuitansi adalah bukti transaksi tanda terima uang atau bukti bahwa pihak lain telah menerima sejumlah uang. Kuitansi ini dibuat dan ditandatangani oleh pihak penerima uang dan diserahkan ke pihak yang melakukan pembayaran.

6.    Cek

contoh cek yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: BI.go.id

 

Cek adalah perintah pembayaran agar suatu bank membayarkan sejumlah uang sesuai jumlah yang tertulis ke pihak yang membawa cek tersebut. Biasanya, cek terdiri dari dua bagian, yaitu bagian sebelah kiri sebagai arsip pihak yang mengeluarkan, sedangkan bagian kanan untuk pihak penerima pembayaran.

7.    Bilyet Giro

contoh bilyet giro yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: BI.go.id

 

Bilyet giro adalah surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening nasabah, ke rekening penerima yang namanya tercantum di bilyet giro tersebut. Bisa berlaku untuk bank yang sama maupun bank lainnya.

8.    Memo

contoh memo yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: suratresmi

 

Memo adalah bukti transaksi yang dikeluarkan pimpinan atau orang yang berwenang dalam suatu perusahaan. Bukti ini sangat singkat dan berisi maksimal 10 baris kata. Contoh dari transaksi memo adalah notasi pembayaran gaji pegawai setiap akhir periode.

9.    Bukti Kas Keluar

contoh bukti kas keluar yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: kledo

 

Bukti kas keluar adalah bukti pengeluaran uang yang dilakukan oleh perusahaan di suatu transaksi. Biasanya, untuk membayar biaya peralatan, perlengkapan, dan semua hal yang kantor Anda butuhkan.

10.   Bukti Kas Masuk

contoh bukti kas masuk yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: adminmuda

 

Bukti kas masuk adalah dokumen yang memuat tentang penerimaan uang (kas) untuk perusahaan. Biasanya, bukti ini hanya dipakai oleh pihak internal perusahaan dan sebagai arsip ke depannya. Contohnya berupa uang tunai yang konsumen bayarkan, seperti cicilan, bunga, dan sebagainya.

11.     Bukti Setoran Bank

contoh bukti setoran bank yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: dalilah

 

Bukti setoran bank adalah slip setoran yang bank berikan ke nasabah saat menyetorkan sejumlah uang ke rekeningnya. Fungsi utama dari bukti transaksi ini adalah bila terjadi selisih kas di bank, maka slip ini bisa membuktikan mana yang benar.

12.   Rekening Koran

contoh rekening koran yang merupakan salah satu jenis bukti transaksi

Sumber gambar: Kompas

 

Rekening koran adalah bukti mutasi yang dicatat oleh bank atas segala transaksi yang nasabah lakukan. Fungsinya, sebagai dasar penyesuaian pencatatan antara saldo kas menurut nasabah dan saldo kas menurut bank.

Kelola Surat dan Dokumen dengan Mekari e-Sign!

Sekian penjelasan lengkap mengenai bukti transaksi. Melalui artikel ini, Anda sudah belajar mengenai pengertian bukti transaksi, fungsi, manfaat, jenis, hingga contohnya. Ternyata, dokumen bukti ini sangat penting, bukan? Oleh karena itu, pastikan setiap transaksi Anda memiliki bukti, ya!

Nah, bila Anda membutuhkan layanan untuk mengelola berbagai keperluan administrasi, Anda menggunakan Mekari e-Sign, lho! Mekari e-Sign menyiadakan berbagai fitur yang siap menunjang dan mengelola berbagai keperluan surat da

 

Blog

Artikel Terkait

WhatsApp WhatsApp Sales